Minggu, 19 Agustus 2012

SHOLAT MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR




      Dalam kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang SHOLAT MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR, kita semua sebagai seorang muslim pasti paham,tahu,mengerti apa itu sholat, namun bagi pembaca  yang belum paham betul apa itu sholat, saya akan membahasnya secara detail.

     Sholat itu adalah KEWAJIBAN ibadah umat muslim yang ke-2 setelah syahadat, hukum sholat itu WAJIB dan apa bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa, bahkan menurut hadis sahkih orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja tanpa rasa menyesal sudah dikatakan kufur atau KAFIR, maka syarat dia beribadah kepada allah harus syahadat lagi agar ibadahnya tidak sia-sia.

sabda rosulullah SAW 

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

"perjanjian antara kami dan mereka ( orang-orang kafir) adalah sholat, barang siapa yang meninggalkan sholatnya maka dia telah kafir (HR.Ahmad, At Tirmidzi, Nasa'i)

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

"pembatatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat" ( HR. muslim)

 dengan kedua hadis itu sudah jelas barang siapa yang meninggalkan shalat maka dia KAFIR. sholat itu penting dalam islam, jangan pernah meninggalkan sholat dengan sengaja.
keuntungan sholat disamping kita terjaga dari perbuatan keji dan mungkar, dengan sholat juga bisa menghapus dosa-dosa kecil yang telah kita lakukan.

firman Allah:


        إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ  

artinya : sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar (QS. AL'Ankabuut : 45)

jadi sudah jelas bahwa sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar, namun ada yang menyatakan "sholat belum tentu dia benar" dalam artian ada yang mengatakan orang yang sholat tapi dia melakukan pencurian,korupsi,zina dll. perlu digaris bawahi ada yang dikatakan "kewajiban" dan ada yang dikatakan "kepribadian", kalau kewajiban (sholat) itu memang harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya, sedangkan kepribadian adalah diri setiap manusia. mengapa orang sholat ko malah berbuat keji dan mungkar? itu karna sholatnya tidak benar, ataupun hanya asal sholat saja, sholat yang benar adalah perpaduan antara hati, fikiran dan bacaan sholat, tanpa ke-3 itu sholatnya tidak benar, dan inilah yang membuat kepribadian kita jelek, tapi jikalau ke-3 itu benar, maka sholatnya benar dan inilah yang akan menuntun kepribadian kita pada kebenaran. karna dengan benarnya sholat kita akan takut melakukan dosa, karna tau kalau Allah selalu mengawasinya dari sudut manapun, jadi setiap dia mau melakukan sesuatu pasti dia ingat Allah.

ingat !!! orang sholat tapi melakukan perbuatan keji dan mungkar, bukan sholatnya (kewajiban) yang disalahkan tetapi kepribadianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar